Ketentuan Penting Tes CPNS Kemenkumham

CPNS-Kemenkumham-2021

infoCPNS.net – Tes CPNS Kemenkumham memiliki berbagai macam ketentuan untuk dapat menjadi kandidat yang lolos ujian. Tentunya hal pertama yang harus diselesaikan terlebih dahulu adalah seleksi administrasi CPNS Kementrian Hukum dan HAM.

Apabila pendaftar tidak lolos seleksi administrasi, maka akan kecil kemungkinan untuk dapat mengikuti tahap selanjutnya setelah seleksi melakukan administrasi.

Apa Saja Ketentuan  dari Pentingnya Tes CPNS Kemenkumham ?

Pengumuman hasil seleksi administrasi tes CPNS Kemenkumham nanti akan diumumkan sesuai dengan ketentuan undang – undang yang telah di tetapkan. Setelah diterima dan lolos Seleksi Kompetensi Dasar CPNS, maka pendaftar dapat mengikuti link yang diarahkan agar bisa mendapat password khusus.

Password khusus tersebut digunakan untuk membuka akun dan mengisi formulir pendaftaran CPNS kemenkumham. Di bawah ini adalah ketentuan penting tes CPNS Kemenkumham. Meliputi segala sesuatu yang juga harus pendaftar pahami, seperti formasi CPNS, syarat pendaftaran tes Calon Pegawai Negeri Sipil, tahapan seleksi CPNS kemenkumham dan akun sosial media yang dapat dipantau.

Formasi CPNS

Seleksi CPNS pada umumnya menerapkan formasi CPNS dengan Nilai Ambang Batas yang berbeda – beda. Hal ini bergantung pada jabatan PNS yang akan diambil serta kemampuan peserta untuk menjawab soal – soal yang diberikan.

Formasi CPNS ini di dapat dari ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah bahwa yang berhak termasuk di dalam formasi ada empat macam yaitu peserta umum, penyandang disabilitas, putra putri Papua dan Papua Barat serta lulusan terbaik di setiap universitas.

Baca Juga:   Panduan Mengetahui Informasi Kelulusan CPNS 2021

Syarat Pendaftaran Tes CPNS Kemenkumham

Sebelum mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar yang meliputi Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum dan Tes Wawasan Kebangsaan. Pendaftar terlebih dahulu harus melengkapi syarat pendaftaran sebagai tiket untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar.

Syarat pendaftaran ini masuk ke dalam seleksi administrasi. Sementara untuk lolos seleksi administrasi maka pendaftar dapat melengkapi dokumen yang tersyarat. Syarat lolos tes administrasi adalah Kartu Tanda Penduduk atau e-KTP asli, akte kelahiran atau surat keterangan lahir, pas foto 4×6, swafoto atau selfie, ijazah asli, trasnkip nilai asli, surat lamaran, surat pernyataan, dan surat keterangan berbadan sehat.

Dari 9 ketentuan tersebut dapat pendaftar kirimkan melalui alamat email atau ekspedisi. Syarat  – syarat lainnya yang perlu dilakukan yaitu mempelajari soal – soal latihan dengan giat.

Tahapan Seleksi Tes CPNS Kemenkumham 2021

Pendaftaran CPNS kemenkumham di tahun 2021 ini telah dilakukan secara online, yang mana pendaftar dapat mengakses tautan di SSCN BKN, dan lengkapi permintaan yang terdapat di sana.

Setelah itu pendaftar dapat melengkapi dokumen untuk naik ke tahapan seleksi administrasi. Apabila pendaftar merasa telah mengirim dokumen dengan lengkap namun tidak diikutsertakan ujian, sehingga pendaftar dapat melakukan sanggah kepada panitia.

Peserta tes CPNS akan diarahkan ke Seleksi Kompetensi Dasar yaitu TIU, TWK dan TKP dengan Computer Assisted Tes atau CAT. Peserta wajib mendapat nilai paling sedikit sesuai dengan Nilai Ambang Batas dan sesuai dengan jabatan yang diinginkan.

Setelah seleksi kompetensi dasar selesai di lakukan, maka selanjutnya peserta akan diarahkan untuk melakukan seleksi kompetensi bidang atau SKB.

Seleksi ini juga di bawah wewenang panitia seleksi. Sedangkan untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat mengunjungi akun sosial media yang resmi yang dimiliki oleh panitia. Atau kunjungi akun Instagram @cpns.kumham dan Twitter @cpnskumham atau @kemenkumham_RI

Share on:

Tinggalkan Balasan