Materi CPNS SKD yang Pasti Keluar Di Setiap Tahunnya

cpns-2021-ilustrasi

Tes CPNS menjadi salah satu ujian yang ditunggu oleh orang-orang. Hal tersebut terbukti dari pendaftar yang setiap tahunnya semakin bertambah. Dari sekian banyak yang mengikuti mungkin sebagian saja yang belajar dan bersiap secara maksimal. Seperti mempelajari materi CPNS SKD yang sering keluar.

Oleh sebab itulah Anda akan mempunyai peluang yang besar jika mau untuk berusaha dan belajar. Nah, sebenarnya di setiap tahunnya soal-soal yang muncul itu hampir serupa sehingga bisa dipastikan jika materinya pun sama. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut untuk Anda terkait materinya.

Contoh Materi CPNS SKD yang Bisa Dijadikan Bahan Untuk Belajar

1.Tes Wawasan Kebangsan (TWK)

Materi CPNS SKD yang pertama adalah Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK. Tes ini termasuk bagian yang paling dasar dari ujian CPNS. Adapun karakteristik penilaian ini ialah peserta haruslah menguasai pengetahuan dan kemampuan dalam implementasi dari 4 pilar kebangsaan Indonesia.

Misalnya saja seperti :

  • Bela negara yang menguji peran aktif peserta dalam mempertahankan eksistensi bangsanya.
  • Nasionalisme, dengan tujuan supaya peserta mampu mewujudkan kepentingan nasional lewat tujuan serta cita-cita yang sama dengan catatan tetap mempertahankan identitas nasional.
  • Pilar negara, mampu membentuk karakter yang sifatnya posotif lewat pengamalan nilai-nilai dan pemahaman Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Undang-Undang NKRI.
  • Integritas, membuat peserta menunjukkan kondisi ataupun sifat yang menjunjung tinggi kewibawaan sebagai satu kesatuan, kejujuran dan juga ketangguhan sebagai masyarakat Indonesia.
  • Bahasa Indonesia dengan tujuan agar peserta mampu menggunakan Bahasa resmi negaranya secara baik dan benar yang keberadaannya sendiri juag sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

Baca Juga:

Begini Contoh Soal CPNS dan Pembahasannya
Contoh Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS 2021

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Selain materi CPNS SKD diatas ada pula bagian lain yang sering disebut sebagai TIU atau Tes Inteljensi Umum. Tes ini bertujuan untuk menguji apakah kemampuan intelgensi para peserta tes mampu menganalisa verbal, numerik, dan berpikir secara logis.

Baca Juga:   Kumpulan Soal CPNS TWK Sejarah dan Pembahasannya

Adapun materinya terdiri dari beberapa yakni :

  • Silogisme yang bisa dikerjakan dengan menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang tersajikan dalam soal.
  • Analitis yang mengharuskan peserta menganalisa informasi yang diberikan kemudian menarik kesimpulan yang paling benar diantara jawaban lainnya.
  • Analogi menyajikan soal yang harus dikerjakan dengan cara menalar lewat perbandingan dua konsep kata yang mempunyai hubungan tertentu.

Selain itu para peserta juga dihadapkan oleh beberapa kemampuan numerik seperti deret angka, perbandingan kuantitatif, soal cerita, dan deret angka.

Baca Juga:

Kumpulan Soal CPNS TWK Sejarah dan Pembahasannya
Guru Honorer Berkesempatan Mengikuti Seleksi CPNS

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Pada materi CPNS SKD TKP ini memang tidak ada konsep yang paling mutlak. Dalam artian kemampuan untuk berpikir dari sudut pandang berbeda menjadi kunci utama untuk bisa mengerjakan dan memilih poin yang paling besar.

TKP atau Tes Karakteristik Pribadi ini sangat mirip dengan tes psikologi. Dimana tujuannya adalah mengerti apakah peserta tes mempunyai kepribadian dalam berbagai aspek yakni emosi, kognitif, profesionalisme, teknologi informasi dan komunikasi, sosial budaya serta jejaring kerja.

Untuk seluruh soal ini tidak ada poin minus plusnya jadi Anda bisa menggunakan strategi untuk tetap menjawab semua soalnya. Siapa tahu masih ada satu sampai dua soal yang benar, sehingga akan sangat membantu menaikkan poin.

Demikianlah penjelasan terkait materi CPNS SKD yang bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk belajar. Usahakan untuk mempelajarinya minimal 2 bulan, sehingga saat ujian nanti bisa mengerjakan dengan maksimal.

Share on: