Simak Pengertian SKB CPNS Bagi Pelamar Baru

pengertian-SKB-CPNS-2021

infoCPNS.net – Bagi Anda yang sering kali mengikuti informasi tes calon pegawai negeri sipil, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tes SKB. Tes SKB itu sendiri merupakan tes seleksi kompetensi bidang. Tahapan tes ini akan diadakan setelah peserta mengikuti tes seleksi kompetensi dasar.

Banyak para peserta yang rela untuk mengikuti bimbingan belajar khusus untuk dapat lolos di tes seleksi kompetensi bidang ini.

Apa itu Tes SKB ?

Seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwasannya tes SKB atau yang merupakan kependekan dari seleksi kompetensi bidang, merupakan tahapan tes yang akan dilalui oleh peserta yang telah lolos seleksi kompetensi dasar.

Nantinya hasil dari SKB dan juga SKD ini akan diintegrasikan untuk melihat siapa sajakah peserta yang berhak untuk lolos dalam tahap pemberkasan. Membahas mengenai masalah passing grade, berdasarkan Permenpan RB No.24/2020 tes SKD yang bisa dinyatakan untuk lolos yaitu memiliki nilai 126 untuk tes wawasan kebangsaan, memiliki nilai setidaknya 80 untuk tes intelegensi umum dan nilai 65 untuk tes karakteristik pribadi.

Seleksi penerimaan CPNS ini dilakukan melalui dua tahapan, di mana tahapan – tahapan tersebut yaitu peserta akan menjalani tes kompetensi dasar dan untuk selanjutnya peserta perlu menjalani tahapan seleksi kompetensi bidang.

Setiap pelamar yang telah lulus melakukan seleksi administrasi dan telah memperoleh nomor ujian SKD, nantinya akan mengikuti seleksi kompetensi dasar. Namun perlu untuk Anda ketahui tidak semua peserta nantinya bisa mengikuti seleksi kompetensi bidang.

Hal itu dikarenakan untuk mengikuti SKB para peserta lebih dulu harus lulus passing grade SKD yang mana telah ditetapkan oleh panitia nasional. Karena itulah, di sini kedua jenis seleksi atau tahapan yang diberlakukan dalam tes CPNS ini memang sama penting.

Baca Juga:   Guru Honorer Punya Kesempatan Ikuti PPPK 2021

Oleh sebab itu, bagi Anda yang berniat dan berencana untuk mengikuti tes CPNS, maka perlu untuk mempersiapkan diri mulai sekarang juga. Anda bisa mempelajari materi ujian SKB yang saat ini telah banyak tersedia di website.

Dan hal yang perlu untuk Anda ketahui yaitu materi dari tes seleksi kompetensi bidang ini tentunya akan berbeda untuk tiap jabatan yang dipilih. Jadi nantinya jabatan informasi apa yang di pilih, maka akan berpengaruh pada tes SKB yang didapat.

Maka dari itulah, sangat penting bagi Anda untuk memulai mempelajari kisi – kisi ujian SKB sesuai dengan jabatan yang nantinya hendak Anda ikuti. Dengan Anda sering berlatih tentunya hal tersebut akan semakin memudahkan ketika menghadapi ujian yang sebenarnya.

Tes SKB itu sendiri nanti meliputi tes praktek kerja, tes potensi akademik, tes fisik atau kesamaptaan, tes bahasa asing, tes kesehatan jiwa, psychotest dan juga tes wawancara. Jumlah tes yang akan diberikan selama pelaksanaan seleksi kompetensi bidang tersebut akan berbeda di tiap instansi pemerintah. Namun sejumlah instansi mensyaratkan seleksi tersebut dilakukan melalui sistem CAT.

Namun tidak sedikit pula beberapa instansi yang mensyaratkan bagi para pelamar untuk melakukan serangkaian seleksi, yaitu dari psychotest hingga tahapan wawancara. Tiap formasi nantinya akan dihadapkan dengan jenis ujian yang berbeda Рbeda. Dan  pada umumnya untuk pelamar akan dihadapkan dengan ujian yang memiliki soal seputar bidang yang dilamar tersebut.

Dari pembahasan yang sudah di uraikan di atas, tentu Anda sudah paham tentang apa itu SKB CPNS. Demikianlah yang dapat kami jelaskan, dan semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat !

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *