Inilah Informasi Penerimaan CPNS dan Syarat Pendaftarannya 2021

Ilustrasi/ sebanyak 100 orang cpns diambil sumpah jabatan dengan kitab suci Alqur’an

Dikarenakan pada tahun 2020 kemarin seleksi CPNS tidak dibuka, maka akan sangat memungkinkan jika jumlah pendaftar semakin bertambah. Pemerintah sendiri sudah memberikan informasi penerimaan CPNS 2021 ini akan segera dibuka, bahkan dalam kurun waktu dekat ini.

Berdasarkan infromasi dari Badan Kepegawaian Negara atau BKN penerimaan CPNS ini akan dimulai kisaran pada bulan April  Mendatang. Selain itu kepala BKN juga mengumumkan estimasi terkait jumlah pendaftar yang bisa mencapai 4 juta orang dalam tahun ini.

Mengetahui Syarat Penting Terkait Informasi Penerimaan CPNS Tahun Ini

Perlu Anda ketahui ada satu fakta menarik dibalik informasi penerimaan CPNS 2021 tidaklah jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan secara terperinci oleh Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama BKN.

Baca Juga:

Sistem Pelaksanaan Seleksi CPNS di Masa Pandemi
Pedoman Pendaftaran CPNS Bagi Lulusan SMA/SMK
Informasi Terkini Seleksi CPNS/PPPK 2021

Meskipun demikian namun diharapkan calon pendaftar tetap harus menunggu keputusan langsung dari Peraturan Menteri PANRB (Permenpan RB). Adapun syarat umum rekruitmen berkemungkinan besar bisa berbeda namun juga sebaliknya. Kepastian masih tetap ditunggu.

Namun untuk gambaran singkat bagi Anda yang benar-benar penasaran terhadap syarat informasi penerimaan CPNS 2021 ada baiknya jika menyimak penjelasan berikut ini. Semua syarat ini diambil dari data sebelumnya.

  1. Merupakan warga negara Indonesia
  2. Bertakwa kepada Tuhan YME
  3. Mempunyai umur minimal 18 tahun dan masimal 35 tahun saat mendaftarkan diri menjadi peserta CPNS
  4. Pendaftar dinyatakan tidak pernah ditindak pidana penjara berdasarkan keputusan dari pihak pengadilan yang memang mempunyai kekuatan hukum tetap karena sudah melakukan tindakan pidana dengan penjara selama dua tahun atau lebih
  5. Tidak pernah diberhentikan secara terhormat atas kemauan pribadi atau tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil, TNI, polisi, ataupun diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak sedang berkedudukan sebagai calon TNI, Polisi, ataupun PNS
  7. Tidak sedang mengemban jabatan sebagai anggota maupun pengurus dari partai politik dan tidak terlibat dengan politik praktis
  8. Mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan dari jabatan yang akan dilamar
  9. Mempunyai kesehatan jasmani dan rohani yang sesuai dengan jabatan yang akan dilamar
  10. Bersedia jika ditempatkan di seluruh daerah Indonesia atau negara lain yakni sesuai dengan ketentuan instansi pemerintahan.
Baca Juga:   Besaran Gaji PNS dan PPPK Lulusan SMA Terbaru 2021

Jadwal Pelaksanaan Seleksi ASN Tahun 2021

Setelah mengetahui pasyaratannya ada pula informasi penerimaan CPNS menarik lainnya yang akan dikutip. Ulasan tersebut tentang gambaran dari rencana jadwal pelaksanaan seleksi ASN pada tahun 2021. Untuk mengetahuinya berikut ini penjelasannya.

  1. Seleksi CPNS 2021 dan PPPK Guru Formasi 1 non guru akan dilaksanakan pada bulan Mei 2021
  2. Seleksi PPPK Guru formasi 1 juta akan diperkirakan terlaksana pada bulan Mei 2021
  3. Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan tahun 2021 diasumsikan mulai pada bulan April 2021

Untuk penerimaan calon PNS ini juga dibedakan menjadi beberapa lulusan. Mulai dari pendidikan yang paling rendah yakni SMA/SMK, D3, dan Sarjana. Jika Anda termasuk salah satu yang berminat untuk mendaftar usahakan untuk selalu memantau perkembangan informasinya.

Karena bisa jadi ada perubahan terhadap pelaksanaan pendaftaran, tempat untuk tes, maupun syarat pendaftaran. Jangan sampai ketinggalah akan informasinya karena peluang untuk menjadi PNS sangat terbuka lebar.

Demikianlah penjelasan sekaligus informasi penerimaan CPNS tahun 2021 yang akan segera dibuka pendaftarannya. Selain bersiap diri dengan belajar materi tesnya usahakan pula untuk melengkapi administrasi yang sekiranya dibutuhkan. Sehingga Anda tidak akan tergesa-gesa sewaktu pendaftaran nanti.

Share on: