Formasi CPNS Terbaru Beserta Fakta Menariknya

CPNS-Formasi-Guru

Jika biasanya tes CPNS diadakan setiap tahunnya namun 2020 memberikan hal yang berbeda. Bagaimana tidak pada tahun kemarin tidak ada pembukaan tes untuk PNS ataupun PPPK. Namun berita hangat nan segar muncul pada tahun ini yakni terkait pengadaan tes dan formasi CPNS terbaru.

4 Fakta Menarik Dibalik Berita Formasi CPNS Terbaru

1. Kuota formasi CPNS terbaru mencapai 1,3 juta

Berbicara tentang kuota penerimaan, mungkin tahun 2021 sedikit berbeda dan bisa dimaksimalkan peluangnya. Pasalnya formasi ini mencapai 1,3 juta lebih dengan formasi CPNS dan PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Hal ini dimuat dalam surat Menteri PANRB No.B/1379/M.SM.0100/2020. Adapun untuk tahun 2021 lowongan CPNS terdiri dari 83.669 formasi pada instansi pusat yakni dalam lingkup lembaga atau kementerian dan 1.2221.816 pada formasi instansi daerah di prvinsi, kabupaten, dan kota.

Baca Juga:

Inilah Formasi PPPK Terbaru Buat Calon Pelamar
Calon Pendaftar Wajib Tahu Pengumuman PPPK Terbaru Ini

Sementara itu pada formasi instansi daerah dibagi masing-masing 1 juta lebih untuk formasi guru PPPK, 70 ribu lebih untuk PPPK Non Guru dan 100 ribu lebih untuk seleksi CPNS tahun 2021. Banyaknya kuota ini diharapkan mampu menutup kekurangan pegawai antara tahun 2020 dan 2021.

2. Persyaratan mengikuti CPNS

Untuk detail persyaratan mengikuti CPNS sendiri baru akan diumumkan bersamaan dengan pemberitahuan terkait pendaftaran. Namun akan lebih baik jika calon pendaftar hendaknya mulai bersiap akan persyaratan mulai sekarang.

Baca Juga:   Persyaratan Peserta Seleksi CPNS, dan Solusi untuk Peserta yang Positif Covid

Tujuannya ketika pembukaan pendaftaran nanti para calon pendaftar tidak perlu gugup karena persyaratan kurang. Adapun dokumen yang dibutuhkan ada beberapa yakni NIK, KTP, Ijazah dan akreditasi, sertifikasi, Email peserta, dan TOEFL bagi instansi yang membuka seleksi.

3. Jadwal seleksi CPNS

Dalam formasi CPNS terbaru 2021 juga terdapat perkiraan jadwal seleksinya. Pihak kementrian PAN-RB sendiri juga sudah menetapkan jadwal penyampaian formasi CPNS pada setiap lembaga atau kementrian dan pemerintah daerah yakni pekan ketiga bulan Maret.

Baca Juga:

Inilah Informasi Penerimaan CPNS dan Syarat Pendaftarannya 2021
Pembahasan Soal CPNS Terbaru Tahun 2021

Namun sekali lagi jadwal ini masih bisa berubah sehingga Anda harus tetap mengikuti perkembangannya. Nah, untuk memudahkan Anda dalam memahami jadwalnya berikut ini ulasannya.

  • Minggu ketiga bulan Maret 2021 adalah penyampaian formasi ke lembaga atau kementerian dan pemerintah daerah atau pemda
  • Bulan Mei hingga Juni 2021 adalah proses pendaftaran
  • Juli hingga Oktober ialah seleksi
  • Bulan November 2021 pengumuman kelulusan peserta
  • November 2021 hingga Januari 2022 adalah tahapan pemberkasan dan penetapan Nomor Induk Pegawai atau NIP.

4. 588 Instansi pemerintah buka seleksi CASN pada tahun 2021

Dalam proses penerimaan pegawai baru tercatat sebanyak 588 instansi daerah dan pemerintah pusat akan membuka formasi CPNS terbaru pada CASN. Didasarkan hasil rapat koordinasi yang telah dialkukan 466 instansi sudah menyelesaikan usulan formasi dan lampiran dokumen lengkap.

Adapun instansi tersebut terdiri dari 56 lembaga atau kementerian, 387 pemerintah kabupaten atau kota, dan 23 pemerintah provinsi. Sedangkan pada 122 instansi lainnya yang terdiri 112 pemerintah kabupaten atau kota dan 10 pemerintah provisnis juga telah mengusulkan formasinya.

Baca Juga:   Guru Honorer Berkesempatan Mengikuti Seleksi CPNS

Hanya saja dokumen yang dibutuhkan belum dilengkapi. Kemungkinan semuanya masih bisa bertambah jika kebutuhan belum semuanya terpenuhi. Namun sebagai calon peserta seleksi ada baiknya untuk tetap mencari tahu kebenarannya.

Itulah tadi fakta menarik dalam formasi CPNS terbaru yang bisa disampaikan untuk Anda. Semoga dengan adanya penjelasan ini Anda mendapatkan referensi yang bermanfaat. Jika ada informasi terbarunya maka akan segera dikonfirmasikan lagi bagaimana kelanjutannya.

Share on: