Benarkah Pengadaan CPNS Guru Tahun 2022 Tidak Ada

informasi-cpns-pendaftaran-2021

 

infoCPNS.net – Kabar tidak adanya CPNS guru di tahun 2022 ini cukup mengejutkan sebagian besar warga negara Indonesia. Tentunya kabar ini menciptakan perasaan resah, karena tidak adanya slot CPNS untuk pengajar dalam seleksi ketat Aparatur Sipil Negara di tahun 2022.

Sementara untuk mendapatkan informasi lengkap  mengenai hal tersebut, simak uraian di bawah ini hingga tuntas !

Benarkah CPNS Guru 2022 Tidak Ada ?

CPNS Guru di Tahun 2022

Faktanya formasi CPNS ditentukan langsung oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau biasa disingkat dengan Kemenpan RB. Formasi CPNS tidak ditentukan oleh Kemendikbud, namun oleh Kemenpan RB.

Tugas Kemendikbud sendiri  bukan menentukan formasi CPNS. Tugas Kemendikbud sendiri adalah menyampaikan kebutuhan, yang mana hal ini telah disampaikan langsung oleh sekretaris dirjen guru dan tenaga kependidikan di tempat.

Pihak tersebut juga mengemukakan bahwa keperluan CPNS guru di tahun 2022 adalah selisih dari satu juta formasi dikurangi dengan jumlah formasi di tahun 2021. Formasi yang telah dikurangi di tahun 2021 tersebut akan dikurangi kembali dengan jumlah mereka yang telah pensiun di tahun 2022.

Angka ini telah disebutkan langsung dengan bijak dan lugas oleh Kemendikbud ristek kepada Kemenpan RB terkait kebutuhan formasi guru di tahun 2022 yang akan mendatang. Ada tidaknya CPNS Guru di tahun 2022 ternyata masih belum diketahui.

Hal ini akan diajukan dan ditanyakan kembali kepada pihak yang berwenang seperti Kemenpan RB. Pertanyaan yang dilayangkan ke Kemenpan RB ini nantinya akan diperjelas sekaligus mengetahui selisih dari macam formasi calon CPNS.

Baca Juga:   Cek Aturan Khusus yang Ditetapkan Saat Pelaksanaa Seleksi CPNS

CPNS guru di Tahun 2022 Apa Hanya Issue

Telah menyebar bahwa perhimpunan pendidikan dan guru p2g terdapat indikasi kuat dari pemerintah yang tidak menyediakan slot guru PNS di tahun 2022. Hal ini adalah sebuah kesimpulan yang muncul dari dokumen surat terkait pengadaan aparatur negara sipil tahun 2022 di sejumlah daerah.

Guru hanya akan diajukan untuk mengikuti slot sebagai PPPK, di mana acuan dokumen ini adalah surat dari Menpan dan RB yang dikeluarkan pada tanggal 27 Juli tepatnya di tahun 2021. Bukti dokumen ini berisi tentang surat yakni dari badan kepegawaian daerah di provinsi Jawa timur, dan daerah – daerah lainnya.

Jajaran Pemda diperintahkan terkait pengadaan ASN di tahun 2022 dengan mengumumkan pengadaan ASN hanya untuk PPPK dan bukan PNS. Komisi DPR RI ini juga meminta Kemendikbud ristek agar segera memberi sebuah penjelasan yang sangat jelas, sehingga kabar ini tidak hanya issue dan kabar berita hoax saja.

Kabar tidak adanya CPNS di tahun 2022  yang akan datang memang kerap menjadi issue yang sangat sensitif dan mengkhawatirkan. Karena tak sedikit orang – orang yang berharap dan bergantung pada hasil CPNS tersebut.

Mereka pastinya selalu memperjuangkan dan mengusahakan agar bisa dapat mengikuti CPNS dan lulus CPNS. Ketua komisi dengan kemurahan hati meminta Kemendikbud ristek dan pihak yang berkaitan dengan pengadaan CPNS di tahun 2022.

Sementara untuk memberi berita yang resmi berupa kejelasan atas informasinya yakni ada tidaknya slot CPNS khusus guru dan untuk seleksi ASN di tahun 2022. Karena issue yang telah beredar luas di kalangan masyarakat indonesia melahirkan bermacam – macam dugaan dan keresahan.  Sehingga tak jarang protes juga sempat dikemukakan dari para guru atas informasi tersebut.

Share on:

Tinggalkan Balasan