Tata Cara Tes SKD CPNS Online

tes-skd-online

infoCPNS.net – Tes SKD CPNS Online tidak ditentukan, karena menurut PermenPANRB tes SKD ini akan dilakukan secara offline. Namun, masih belum diketahui kapan waktu pelaksanaannya, sebab dikarenakan pandemi yang masih melanda di negara Indonesia.

Adapun untuk menjadi PNS terdapat tata cara Tes SKD CPNS Online kelulusan yang diatur di dalam pasal 39 No. 27/2021. Dalam peraturan tersebut telah disebutkan bahwa pelaksanaan SKD dengan sistem CAT.

Apa Saja Tata Cara Tes SKD CPNS Online yang Perlu Diketahui ?

Durasi dalam waktu 100 menit diberikan kepada peserta pada saat pelaksanaan tes SKD CPNS Online tahun 2021. Menpan RB atau Mentri menetapkan Nilai Ambang Batas SKD, tata cara penilaian dan jumlah komposisi dari soal tes SKD CPNS Online.

Hal ini juga mencakup tentang pelamar yang menyandang disabilitas sensorik netra, peserta melamar pada kebutuhan khusus disabilitas. Di bawah ini dapat Anda simak mengenai tata cara tes SKD CPNS yang dilakukan secara online, antara lain :

Ketentuan Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Khusus untuk penyandang disabilitas diberikan durasi waktu sebanyak 130 menit untuk melaksanakan atau mengerjakan tes SKD CPNS. Jenis penetapan kebutuhan khusus penyandang disabilitas ini juga memiliki nilai ambang batas yang berlaku.

Panitia seleksi kompetensi dasar juga menyediakan pendamping atau aplikasi pendukung jika terdapat hal berupa kendala teknis, atau memerlukan pendampingan.

Ketentuan Penyandang Disabilitas Sensorik Netra

Berbeda kasus dengan penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar dan mengikuti tes SKD CPNS. Ketentuan yang berlaku adalah durasi waktu kurang lebih 100 menit untuk melaksanakan tes SKD.

Baca Juga:   Pemerintah Segera Membuka Seleksi CPNS Tahun ini

Jenis penetapan kebutuhan yang dilamar akan bergantung pada nilai ambang batas yang berlaku. Begitu juga dengan kendala teknis yang memerlukan pendampingan, panitia akan menyediakan aplikasi pendukung.

Nilai Hasil Kelulusan SKD

Ketua Panselnas kepada PPK masing – masing akan menyampaikan hasil SKD seluruh pelamar, melalui masing – masing instansi pemerintah SSCASN. Keputusan ketua panitia seleksi instansi ini akan ditetapkan dan diumumkan oleh setiap instansi pemerintah.

Hal ini berdasar dari hasil Seleksi Kompetensi Dasar yang dikerjakan dengan baik oleh para peserta tes SKD CPNS Online di tahun 2021. 3 kali jumlah kebutuhan jabatan berdasar pada peringkat tertinggi dari yang memenuhi Nilai Ambang Batas, yang merupakan ketentuan dari pengumuman hasil SKD atau kelulusan SKD CPNS 2021.

Tapi apabila ada peserta yang memperoleh nilai SKD yang sama dan tepat pada batas 3 kali jumlah kebutuhan jabatan maka penentuan kelulusan SKD akan dilakukan secara berurutan.  Dan perlu Anda ketahui bahwa penentuan kelulusan SKD ini akan dimulai dari beberapa nilai tes yaitu, karakteristik pribadi, tes intelegensi umum hingga tes wawasan kebangsaan.

Namun jika nilai urutan masih sama persis dan berada di batas 3 kali dengan jumlah kebutuhan jabatan, maka peserta yang mengikuti tes SKD CPNS online akan diikutkan SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang.

Passing Grade CPNS 2021

Passing grade disebut juga nilai ambang batas, merupakan sebuah nilai minimal yang harus dimiliki oleh setiap peserta tes SKD CPNS. Nilai ini merupakan sebuah syarat untuk naik ke tahap selanjutnya.

Pada umumnya nilai ambang batas untuk umum yaitu Tes Intelegensi Umum : 80, Tes Karakteristik Pribadi : 166 dan Tes Wawasan Kebangsaan: 65. Perlu dicermati bahwa passing grade CPNS di tahun 2021 berdasar pada jenis formasi.

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.