Inilah Hasil Pengumuman CPNS Terbaru Tahun 2021

gambar ilustrasi ujian penerimaan cpns menggunakan sistem seleksi CAT dari BKN

Serangan pandemi yang terjadi mulai tahun 2020 kemarin membuat semua kegiatan terhenti. Salah satunya ialah tes CPNS yang sempat tertunda sehingga membuat calon pendaftar merasa sedikit kecewa. Namun berita segar baru-baru ini terdengar yakni terkait pengumuman CPNS terbaru tahun 2021 ini akan segera dibuka.

Hal ini disampaikan langsung oleh pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan-RB. Informasi ini memang sangat ditunggu mengingat PNS merupakan pekerjaan yang sangat diidamkan oleh semua orang. Untuk itulah Anda juga wajib mengikuti pemberitahuan di bawah ini.

Mengintip Pengumuman CPNS Terbaru yang Akan Segera Dibuka

Sejauh ini tes CPNS menjadi ajang yang sangat diperebutkan oleh masyarakat. Kendati demikian masih ada yang mempertanyakan apakah pengumuman CPNS terbaru ini sama dengan tahun 2019 lalu?. Hal ini belum bisa dipastikan, mengingat peraturan resminya belum diluncurkan.

Tjahjo Kumolo sendiri memberitahukan bahwa pihaknya sekarang ini masih dalam tahapan menyusun untuk mengadakan ASN dan PPPK. Menurutnya segala persiapan ini baru akan disahkan pada akhir Maret nanti, yakni selepas penetapan rencana kebutuhan.

Baca Juga:

Materi CPNS SKD yang Pasti Keluar Di Setiap Tahunnya
Ketahui 6 Hal ini Sebelum Mengikuti Tes CPNS

Meskipun demikian proses pembukaan pendaftaran sendiri akan mulai dibuka pada bulan Mei hingga Juni. Sementara untuk mendaftarnya Anda dapat melakukannya lewat SSCN  BKN atau Sistem Seleksi Calon ASN Badan Kepegawaian Negara. Kemudian masih ada tahapan lain yakni proses seleksi.

Dimana pelaksaannya kemungkinan besar akan terjadi di bulan Juli hingga Oktober. Seleksi ini akan dilaksanakan di kantor pusat BKN, UPT BKN atau Unit Pelaksana Teknis BKN, Kantor Regional BKN, ataupun tempat-tempat lainnya yang sudah dibiayai oleh pihak BKN maupun didanai oleh instansi yang membuka formasi.

Baca Juga:   Rencana Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun ini

Informasi Terkait Tes CPNS Terbaru 2021

Pengumuman CPNS terbaru 2021 juga sedikit membeberkan bahwa untuk tes SKD akan dilaksanakan pada 440 titik. Kemudian untuk tes SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang akan digelar di 268 titik lokasi. Semua tes tidak dilakukan secara tertulis melainkan menggunakan perangkat komputer ataupun laptop.

Jadi mirip dengan UTBK, dan Ujian Kedinasan atau lebih sering disebut sebagai CAT alias Computer Assisted Test. Sementara itu bulan berapa pendaftar bisa melihat pengumuman kelulusan?. Menurut informasi yang terdengar pengumuman ini akan keluar pada bulan November mendatang.

Kelulusan ini masih belum finalnya, karena pendaftar yang dinyatakan lulus masih harus menyelesaikan tahap pemberkasan dan penetapan Nomor Induk Pegawai. Adapun kegiatan tersebut akan berlangsung pada bulan November 2021 hingga Januari 2022.

3 Kategori Pengadaan ASN

Pengumuman CPNS terbaru juga menyebutkan bahwa ada 3 kategori untuk pengadaan ASN. Yakni pengadaan CPNS dan PPPK Non Guru, dan Pengadaan PPPK Guru. Khusus untuk pendaftaran ASN lewat sekolah kedinasan  bisa melalui masing-masing intansi atau kementerian yang menaunginya.

Baca Juga:

Simak Informasi Penerimaan Pegawai PPPK 2021 Ini Sebelum Mendaftar
Pemerintah Segera Membuka Seleksi CPNS Tahun ini

Jadi intinya disini para calon pndaftar diberikan kesempatan untuk mendaftarkan diri melalui 8 kementrian atau lembaga yang menanunginya. Dengan begitu Anda pun mulai sekarang bisa langsung mempersiapkan segala keperluannya seperti administrasi, persiapan tes, dan lain sebagainya.

Mengingat jumlah kebutuhan pegawai baru sangatlah banyak di setiap instansinya, namun jangan lupa bahwa pesaing juga sangat melimpah. Untuk itu perlunya kesiapan matang haruslah menjadi dasar untuk Anda.

Demikianlah penjelasan tentang pengumuman CPNS terbaru 2021 yang bisa diberikan. Semoga dengan informasi ini Anda bisa memperoleh penjelasan yang dibutuhkan dan menjadi referensi yang terpadu. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan terbarunya lagi silahkan ikuti pengumuman resminya.

Share on: