Pembukaan Seleksi CPNS Tahun 2021

InfoCPNS.netPembukaan Seleksi CPNS Tahun 2021 – Tidak hanya CPNS 2021, pemerintah juga bakal merekrut pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun 2021 ini.  Kepala BKN mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus di berlakukan terlebih dahulu sebelum tes Seleksi CPNS 2021 di laksanakan

 

Dalam Seleksi CPNS Tahun 2021, daerah atau instansi perlu menghitung ulang kebutuhan CPNS nya untuk 5 tahun ke depan. Setelah mereka mengetahui kebutuhan untuk 5 tahun itu, mereka membaginya dalam periode tahunan.

Hal itu di perlukan karena saat ini banyak sekali CPNS atau PNS yang meminta pindah lokasi sehingga kebutuhan di masing-masing instansi jadi berubah. Setelah setiap instansi melaporkan kebutuhan formasi itu kepada Kemenpan RB, maka baru bisa di tetapkan formasinya.

Pihak pemerintah sudah memperkirakan formasi sudah bisa di tetapkan pada Mei tahun ini. Oleh karena itu, untuk pelaksanaan tesnya di perlukan waktu paling lambat Juni sudah harus di mulai. Dia mengaku cukup percaya diri untuk menyelenggarakan CPNS 2021 di tengah pandemi COVID-19.

Kapan Pembukaan Seleksi CPNS Tahun ini?

Hal itu lantaran saat CPNS di tahun sebelumnya, tidak ada satupun lokasi penerimaan CPNS 2019 di Indonesia yang menjadi klaster COVID-19.  Hal itu pertanda penerapan protokol kesehatan berjalan baik.

Sembari menunggu pelaksanaan CPNS 2021, ada baiknya mempersiapkan syarat yang di butuhkan sejak saat ini. Dikutip dari laman sscn.bkn.go.id, berikut enam dokumen yang harus disiapkan pelamar saat pendaftaran CPNS:

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas foto
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan di lamar
  • Dokumen-dokumen tersebut wajib di unggah saat Anda melamar formasi CPNS.

Baca juga : Pemerintah Segera Membuka Seleksi CPNS Tahun ini

Untuk itu, sebelum Anda menentukan akan mendaftar di instansi mana, Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen tersebut dan dokumen tambahan yang di syaratkan oleh instansi.

Baca Juga:   Peserta SKD CPNS 2021 Wajib Swab Antigen, Simak Harganya

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ukuran file yang dikirimkan. Jangan sampai Anda gagal lolos karena dokumen dan ukuran file tidak sesuai dengan yang diminta. Sekian ulasan tentang Seleksi CPNS Tahun 2021, semoga bermanfaat.

Share on: