Informasi Jadwal SKD CPNS BKN Terbaru

 

Informasi-Jadwal-SKD-CPNS-BKNinfoCPNS.net – Tahap seleksi kompetensi dasar akan segera dimasuki oleh para peserta seleksi CPNS atau yang biasa disebut dengan Calon Pegawai Negeri Sipil di tahun 2021. Badan Kepegawaian Negara sebelumnya telah memberi pengumuman terkait hasil sanggah seleksi administrasi CPNS 2021, yang mana telah dilaksanakan tepat pada tanggal 20 Agustus tahun 2021 lalu.

Apa Saja Jadwal SKD CPNS dari BKN yang Perlu Diketahui ?

Jadwal Resmi SKD CPNS

Telah diumumkan bahwa di media sosial yakni Twitter telah beredar surat dari Badan Kepegawaian Negara. Hasil pengumuman jadwal SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK non guru di tahun 2021 ada di surat ini. Surat ini telah diunggah oleh seorang pengguna twitter dan berita valid.

Surat tersebut kemudian dibenarkan langsung oleh kepala biro hubungan masyarakat, hukum dan kerja sama BKN. Konfirmasi tersebut menyatakan bahwa BKN akan gelar konferensi pers resmi guna mengumumkan jadwal SKD CPNS di tahun 2021.

Telah ditetapkan di dalam surat BKN bernomor resmi bahwa jadwal SKD CPNS dan Seleksi PPPK non guru di tahun 2021 akan digelar mulai tanggal 2 September tahun 2021. Jadwal ini berlaku tak hanya untuk instansi namun juga berlaku untuk daerah.

Aturan Peserta Saat Mengikuti Tes CPNS 2021

Dalam surat resmi dari BKN juga dikeluarkan berbagai macam ketentuan yakni protokol kesehatan berupa tindakan pencegahan covid – 19. Aturan tersebut sangat wajib dipatuhi oleh para peserta ujian SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK non guru tahun 2021. Berbagai ketentuan tersebut telah tertulis di surat BKN.

Baca Juga:   Rencana Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun ini

Beberapa di antaranya adalah peserta wajib melakukan tes swab RT-PCR dalam kurun waktu yang telah ditentukan yaitu maksimal 2×24 jam. Namun peserta juga dapat melakukan tes swab rapid rest antigen dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam dengan hasil negatif. Hal ini dapat dilakukan sebelum seleksi ujian berlangsung.

Dalam surat dari BKN resmi tersebut juga dijelaskan bahwa peserta harus menggunakan masker 3 lapis ditambah double mask selama ujian seleksi SKD CPNS berlangsung. Peserta juga wajib mematuhi protokol kesehatan, berupa cuci tangan dengan hand sanitizer atau cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Peserta juga harus mematuhi physical distancing atau jaga jarak minimal 1 meter selama ujian berlangsung, ini juga dikondisikan dengan ruangan yang luas. Vaksinasi dosis pertama juga harus telah diterima oleh peserta khususnya peserta seleksi daerah Jawa, Madura dan di Bali.

Penyelenggara juga wajib menyediakan sebuah ruangan ujian maksimal yang harus diisi 30 persen dari jumlah kapasitas normal, ini dilakukan untuk mendukung kegiatan peserta ujian. Sementara untuk mendapat pin registrasi, peserta juga diwajibkan untuk mengisi formulir dan harus ditunjukkan kepada para petugas.

Konferensi pers virtual yang dilaksanakan langsung oleh BKN yakni pada tanggal 25 Agustus tepat pada tahun 2021. Konferensi tersebut telah menetapkan bahwa ujian seleksi kompetensi dasar yang ditetapkan pada tanggal 2 September tahun 2021. Tentunya tak semua instansi yang melaksanakan ujian SKD tepat di tanggal ini.

Jadwal tersebut berlaku jika ujian dilaksanakan di kantor BKN. Baik instansi pusat atau daerah yang bertempat di kantor atau gedung milik BKN sendiri yakni kantor regional dan UPT BKN. Karena khusus bagi para instansi pemerintah yang mengadakan ujian mandiri di lokasi, dimulai pada tanggal 14 September 2021.

Share on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.