Guru Honorer Berkesempatan Mengikuti Seleksi CPNS

PPPK-Guru-2021

Guru Honorer Berkesempatan Mengikuti Seleksi CPNS – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan. Bahwa seleksi guru tetap pada pembentukan CPNS sehingga masih ada peluang mereka menjadi PNS.

Pemerintah menyatakan, Seleksi CPNS tahun 2021 akan difokuskan pada pembentukan PPPK tahun 2021 yang tersedia dengan 1 juta formasi pada April hingga Mei tahun depan. Kinerja guru sebagai PPPK akan menjadi salah satu pertimbangan penting dalam penerimaan CPNS.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga terus memperjuangkan agar para guru memiliki kesempatan untuk memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Mendikpud, Iwan Syahril mengatakan, pembentukan CPNS bagi guru masih dalam proses.

Baca Juga: Pemerintah Segera Membuka Seleksi CPNS Tahun ini

Selain rekrutmen guru Pegawai Negeri berskala besar dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Iwan menjelaskan, pemerintah pada 2021 akan fokus merekrut hingga satu juta guru PPPK. Pemerintah mendorong guru honorer dan lulusan pendidikan profesi guru untuk melamar menjadi guru PPPK.

Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meluruskan kabar tidak adanya pembentukan CPNS untuk guru. Meluruskan hal tersebut, Nadiem Makarim menegaskan bahwa pemberitaan penghapusan formasi CPNS bagi guru tidak benar.

Apakah Guru Honorer Berkesempatan Mengikuti Seleksi CPNS?

Nadiem juga memastikan ke depan, formasi CPNS untuk para guru ini tidak akan hilang dan tetap ada. Dia mengatakan, bahwa kebijakan tersebut akan sejalan dan melengkapi rekrutmen pegawai negeri dengan perjanjian kerja (PPPK).

Nadiem Makarim menegaskan, fokus pada 2021 adalah rekrutmen guru honorer hingga kapasitas satu juta guru melalui jalur PPPK. Tak hanya itu, Nadiem juga mendorong guru honorer dan lulusan pendidikan profesi guru untuk melamar sebagai guru PPPK.

Baca juga : Panduan Mengetahui Informasi Kelulusan CPNS 2021

Dia juga mengungkapkan, pemerintah pasti akan terus mengupayakan status guru yang lebih baik. Nadiem ingin memperjuangkan guru agar bisa lebih layak. Nadiem menegaskan, seleksi guru PPPK pada 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang pada 2021 akan ada seleksi massal secara online.

Baca Juga:   Persyaratan Peserta Seleksi CPNS, dan Solusi untuk Peserta yang Positif Covid

Pemerintah menjamin guru honorer yang lolos seleksi akan menjadi PPPK dan anggarannya ada di pemerintah pusat. Sekian ulasan terkait Seleksi CPNS yang akan terlaksana sebentar lagi, semoga bermanfaat.

Share on: