Cara Mudah Mencetak dan Mengunduh Kartu Ujian CPNS PPPK 2021

kartu-ujian-cpns-pppk-2021

infoCPNS.net – Setelah pemerintah pusat secara resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi pada tanggal 2-3 agustus melalui akun masing-masing pelamar CPNS dan PPPK 2021, maka kewajiban peserta selanjutnya adalah mencetak dan mengunduh kartu ujian. Kartu ini sebagai syarat wajib yang harus ditunjukkan kepada panitia saat mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar (SKD).

Perlu diketahui oleh peserta, jika anda mendapati informasi bahwa anda dinyatakan lulus seleksi berkas administrasi maka tugas peserta selanjutnya adalah mencetak kartu ujian dan mempersiapkan belajar yang lebih intens untuk mengasah kemampuan dalam menyambut ujian SKD yang akan dilaksanakan pada 25 Agustus – 4 Oktober 2021.

Kartu ujian CPNS dan PPPK 2021 yang harus di cetak oleh peserta yang dinyatakan lulus seleksi berkas administrasi menjadi sangat penting dilakukan, namun hingga artikel ini dibuat ternyata masih banyak dari para peserta yang tidak tahu untuk melakukan cetak kartu ujian.

Berangkat dari informasi tersebut, akhirnya redaksi infoCPNS.net memutuskan untuk membantu peserta dengan membuat tutorial tentang cara mudah mencetak dan mengunduh kartu ujian CPNS PPPK tahun 2021 melalui akun SSCASN BKN yang telah dibuat masing-masing oleh peserta.

Persiapan Sebelum Mencetak dan Mengunduh Kartu Ujian CPNS PPPK 2021

Banyak yang belum tahu bahwa sebelum mencetak dan mengunduh kartu ujian mereka harus mempersiapkan perlengkapan terlebih dahulu, diantaranya adalah; Printer warna dan kertas A4 untuk mencetak kartu ujian. Kenapa harus printer warna, karena foto yang dipersyaratkan adalah latar belakang merah dan berwarna sehingga hasilnya juga harus tampak seperti aslinya, ketika nanti akan diperiksa oleh panitia saat peserta memasuki ruang ujian. Wajah dan foto harus sama dengan peserta yang akan mengikuti ujian saat SKD berlangsung sehingga tidak ada lagi hambatan Ketika anda memasuki ruang ujian.

Baca Juga:   Guru Honorer Punya Kesempatan Ikuti PPPK 2021

Selain printer dan kertas, hal lainnya adalah kuota internet untuk masuk dalam akun SSCASN BKN seperti halnya anda akan mendaftar pertama kali. Hal ini mungkin dirasa sangat sepele, namun bagi provinsi di luar Jawa, misalnya di Papua yang terhambat internet bisa menjadi problem tersendiri untuk mencetak kartu ujian.

Cara Mencetak dan Unduh Kartu UJian CPNS PPPK Tahun 2021

  1. Peserta silahkan mengunjungi situs SSCASN BKN di url: https://sscasn.bkn.go.id kemudian login dengan akun anda masing-masing (seperti halnya anda melakukan pendafataran saat pertama kali)

  2. Silahkan masukkan NIK (nomor induk kependudukan) KTP dan password yang anda buat saat melakukan pendaftaran.

  3. Silahkan menuju halaman atau menu resume atau klik menu resume dan perhatikan menu atau tulisan “Cetak Kartu Peserta Ujian” dan silahkan di klik untuk mencetak atau mengunduh kartu ujian.

  4. Anda dapat langsung mencetaknya dengan memilih opsi percetakan sesuai kode atau merk printer anda masing-masing, atau bila anda hanya ingin menyimpannya di device anda sendiri anda dapat langsung menyimpannya tanpa harus di cetak dengan format Pdf.

Nah, demikian cara mencetak dan mengunduh kartu ujian CPNS PPPK tahun 2021, semoga informasi yang disampaikan ini dapat membantu anda dalam meraih cita-cita mulia dengan mengabdikan diri kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berprofesi sebagai Abdi Negara.

Share on:

Tinggalkan Balasan